Monday, March 23, 2015

Manfaat Menabung bagi Masa Depan Setiap Orang





Manfaat Menabung bagi Masa Depan Setiap Orang 


macam-macam jenis tabungan
Gambar Macam Tabungan
oleh:
Rezky Bagus Pambudiarso, S. Pd.
Larezza125@gmail.com || SMAN 1 Karangtengah

Banyak orang yang mengatakan bahwa kita harus menabung untuk masa depan. Banyak orang yang menjelaskan bahwa menabung untuk masa depan itu penting. Akan tetapi, tahukah kalian apa makna dibalik perkataan dan penjelasan tersebut. Berikut akan diuraikan penjelasan tentang pentingnya menabung untuk masa depan.

Menabung untuk masa depan merupakan suatu aktivitas yang sangat penting bagi diri kita. Banyak manfaat yang dapat diperoleh melalui aktivitas tersebut. Manfaat yang dapat diperoleh melalui aktivitas menabung menurut www.indotopinfo.com antara lain sebagai berikut.

Menyimpan uang untuk keadaan darurat, menabung merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyimpan uang dalam waktu tertentu. Dengan melakukan aktivitas menabung untuk masa depan, uang tersebut dapat digunakan untuk keperluan mendadak, misalnya ketika kita sakit dan membutuhkan banyak uang, ketika kita di-PHK, atau ketika motor kita mogok dan membutuhkan banyak uang.

Menyimpan uang untuk liburan, ketika kita melakukan liburan, pastinya kita membutuhkan banyak uang. Pada kondisi demikian, kita dapat menggunakan uang tabungan kita. Dengan menggunakan uang tabungan kita, kita tidak perlu bingung atau susah dalam mencari tambahan uang. Sehingga kita dapat menikmati liburan dengan senang.

Menyimpan uang untuk pensiun, sebagai pekerja, pastinya kita akan menglami situasi dimana kita akan berhenti dari pekerjaan tersebut. Ketika hal tersebut terjadi, kondisi keuangan pasti akan terganggu. Hal ini karena pendapatan kita akan berkurang karena sudah tidak memiliki pekerjaan. Dengan adanya kondisi tersebut, simpanan uang dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Menyimpan uang untuk mendapatkan uang lebih banyak, menyimpan uang dapat dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan uang lebih banyak. Hal ini dilakukan dengan cara menginvestasikan uang tersebut di bank dalam bentuk deposito dan sebagainya. Dengan adanya tindakan seperti itu, maka uang akan bertambah dalam jangka waktu tertentu.

Menyimpan uang agar terbebas dari stress, salah satu masalah yang dihadapi seseorang ketika telah berkeluarga adalah masalah keuangan. Sering suami istri bertengkar karena masalah uang. Dengan adanya kondisi tersebut, mengakibatkan pelaku akan mengalami stress. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, dapat dilakukan dengan menyimpan uang untuk masa depan. Simpanan uang tersebut dapat digunakan ketika kita mengalami krisis keuangan. Sehingga keadaan stress dapat terhindarkan.

Berdasarkan uraian di atas diketahui bahwa menabung untuk masa depan sangat penting bagi setiap orang. Hal ini karena banyak manfaat yang diperoleh. Sehingga bagi setiap orang, sangat penting untuk mempersiapkan tabungan masa depan sejak dini.

No comments:

Post a Comment