Tuesday, December 5, 2017

Pentingnya Kita Mempelajari Himpunan Matematika



Pentingnya Kita Mempelajari Himpunan Matematika?


oleh:
Rezky Bagus Pambudiarso, S.Pd.
larezza125@gmail.com ||  SMAN 1 Karangtengah

Himpunan merupakan kumpulan benda-benda atau objek-objek yang didefinisikan dengan jelas. Didefinisikan dengan jelas dimaksudkan agar orang dapat membedakan mana yang merupakan himpunan dan mana yang bukan. Benda-benda atau objek yang berada di dalam himpunan disebut elemen atau anggota himpunan.
        
Himpunan selanjutnya dinyatakan dengan huruf besar. Sedangkan anggota dari himpunan dinyatakan dengan huruf kecil. Dan himpunan dapat digambarkan dalam suatu diagram venn.
        
Untuk mengetahui anggota dari suatu himpunan, maka dibutuhkan cara guna menyatakan himpunan. Adapun cara untuk menyatakan himpunan tersebut antara lain dengan cara mendaftar atau tabulasi, dengan menyebutkan syarat-syarat himpunan tersebut, dan dengan notasi pembentuk himpunan.
        
Selanjutnya himpunan dapat dikategorikan menjadi beberapa antara lain himpunan kosong, himpunan berhingga dan tak berhingga, himpunan bagian, himpunan bagian sejati, himpunan yang ekivalen, dan himpunan kuasa.
        
Sama seperti ilmu matematika yang lain, dalam himpunan juga terdapat operasi himpunan. Adapun operasi himpunan yang dapat dilakukan dalam himpunan antara lain irisan dua himpunan, gabungan dua himpunan, selisih dua himpunan, dan perkalian dua himpunan.
        
Dari penjelasan singkat tersebut, kita menjadi tahu sedikit tentang himpunan. Lalu, apa kegunaan himpunan dalam kehidupan sehari-hari? apa yang dapat kita peroleh dari mempelajari himpunan. Berikut adalah sedikit analisis yang dapat saya berikan berkaitan dengan manfaat mempelajari himpunan matematika.
        
Dijelaskan bahwa himpunan merupakan kumpulan benda-benda atau objek yang didefinisikan dengan jelas. Hal ini berarti bahwa segala sesuatu yang memiliki anggota berpeluang menjadi himpunan asalkan kumpulan tersebut dapat didefinisikan dengan jelas. Begitu pula dengan manusia, kumpulan dari orang juga berpeluang untuk menjadi suatu himpunan(kelompok). Namun kumpulan orang tersebut hanya dapat dikatakan sebagai suatu himpunan(kelompok)  jika mereka dapat didefinisikan dengan jelas. Maksudnya adalah kumpulan orang tersebut haruslah memiliki tujuan yang  jelas secara objektif sehingga seseorang dapat membedakan apakah kumpulan orang tersebut merupakan suatu himpunan(kelompok) atau bukan.
        
Selanjutnya, telah dipaparkan bahwa anggota dari himpunan adalah elemen atau anggota himpunan. ketika kita mengimpikasikan hal tersebut dalam kehidupan, maka diperoleh bahwa dalam suatu kelompok atau himpunan pastilah terdapat yang namanya anggota yang membangun anggota tersebut. Berapapun jumlahnya, mereka disebut sebagai himpunan ataupun kelompok.
        
Himpunan dinyatakan dengan huruf besar dan anggotanya dinyatakan dengan huruf kecil. Hal tersebut menunjukkan bahwa dalam suatu himpunan (kelompok), pastilah tersusun atas orang-orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Namun ketika mereka bersatu, maka akan menjadi suatu himpunan ataupun kelompok yang kuat.
        
Kemudian himpunan dapat dikategorikan menjadi berbagai macam himpunan. Hal itu mengindikasikan bahwa dalam kehidupan, himpunan atau kelompok manusia juga dapat digolongkan menjadi berbagai macam sesuai dengan tujuan mereka. Sehingga di dunia ini terdapat banyak kelompok atau himpunan.
       
 Dalam himpunan terdapat operasi himpunan, itu menunjukkan bahwa dalam suatu kelompok terjadi interaksi antara satu anggota dengan anggota yang lain. Tidak hanya dalam satu kelompok(himpunan), dalam beberapa kelompok atau himpunan juga sering terjadi interaksi tersebut. Interaksi yang terjadi ini bisa interaksi positif maupun interaksi negatif. Sehingga akan memberikan pengaruh pada himpunan atau kelompok tersebut.
        
Dari analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ketika kita mempelajari dan memahami himpunan matematika, secara tidak langsung kita juga telah belajar tentang dasar dari suatu hubungan manusia dalam berkelompok atau berorganisasi. Sehingga sangatlah penting bagi kita untuk mempelajari himpunan matematika agar kita menjadi kritis dalam menentukkan kelompok atau oraganisasi yang bagaimana yang akan kita pilih dan bagaimana kita berinteraksi dalam kelompok atau organisasi tersebut.

No comments:

Post a Comment