Thursday, April 19, 2018

4 KAMPUS DENGAN JURUSAN PERFILMAN TERBAIK DI INDONESIA

4 KAMPUS DENGAN JURUSAN PERFILMAN
TERBAIK DI INDONESIA

Sumber Gambar : https://pbs.twimg.com/media/BxFKpnVCQAA8znQ.jpg

oleh:
Rezky Bagus Pambudiarso, S.Pd.
Larezza125@gmail.com || SMAN 1 Karangtengah

Dewasa ini, dunia perfilman di Indonesia sedang naik daun. Banyak film karya anak bangsa yang sudah mendunia. Kita pasti mengenal film “The Raid 2” karya Gareth Evans, “Comic 8: Casino Kings” karya Anggy Umbara, “A Copy of My Mind” karya Joko Anwar, dan “Single” karya Raditya Dika. Semua film tersebut adalah film-film yang populer di IMDB Amerika Serikat. Pastilah kita sangat bangga akan prestasi yang dicapai itu. Namun, apakah kita hanya akan bangga saja dengan terus menonton film-film itu ataukah kita akan ikut berpartisipasi sebagai pembuatan film itu. Apabila kita diberikan pilihan seperti itu, pastilah kita akan memilih pilihan kedua yaitu ikut berpartisipasi dalam pembuatan film itu dan ikut memajukan dunia perfilman Indonesia. Lalu, bagaimana cara kita untuk ikut berpartisipasi? Salah satu cara untuk dapat berpartisipasi tentunya kita harus mahir dan handal dalam pembuatan film tersebut.

Untuk menjadi seorang yang handal dalam dunia perfilman, baik itu sebagai penulis naskah, sutradara film, pemain film, editor film, ataupun pengisi suara, kita pasti membutuhkan tempat pelatihan yang baik dan berkualitan. Berikut penulis rekomendasikan beberapa kampus sekolah perfilman yang penulis anggap terbaik di Indonesia.

1.    Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Salah satu kampus yang dapat dipilih jika kita ingin mahir dalam dunia perfilman adalah Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Kampus ini menyediakan Program Studi Televisi dan Film. Dalam program studi tersebut, kita akan dicetak menjadi lulusan yang mahir dalam dunia perfilman dengan memiliki kompetensi utama berupa manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik. Adapun mata kulian yang menjadi unggulan dari ISI Yogyakarta adalah Kerja Profesi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk terjun langsung di dunia kerja dalam rangka meningkatkan kreativitas dan pengalaman mereka. Hal inilah yang menjadikan penulis merekomendasikan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta sebagai salah satu kampus tujuan bagi kalian yang ingin mahir dalam dunia perfilman.

2.    Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara merupakan salah satu tujuan yang bisa dipilih agar kita mahir dalam pembuatan film karena adanya Program Studi Film yang disediakan oleh Universitas ini. Dalam prodi tersebut, mahasiswa akan diajarkan bagaimana cara untuk menerapkan pengetahuan serta keterampilan pembuatan film mereka agar sesuai dengan standar industry perfilman yang ada. Selain hal tersebut, mahasiswa juga diajarkan bagaimana cara untuk menganalisis dan menulis naskah yang baik dan teliti agar memenuhi syarat yang ada. Hal itulah yang menjadikan Universitas Bina Nusantara dapat dijadikan pilihan dalam menjadikan diri kita mahir dalam dunia perfilman.  

3.    International Design School

International Design School (IDS) adalah salah satu kampus yang dapat dijadikan sebagai pilihan bagi kalian yang berminat dalam dunia perfilman. Di IDS, kalian akan menempuh masa kuliah dalam waktu yang sangat singkat yaitu 1 tahun. Dalam masa kuliah tersebut, mata kuliah yang diajarkan adalah mata kuliah yang bertumpu pada proyek film yang dikerjakan secara nyata. Selain hal itu, mahasiswa yang belajar di IDS juga akan mendapatkan kesempatan magang di berbagai proyek film. Dengan demikian, kemampuan dan keterampilan mereka dalam dunia perfilman akan semakin terasah. Hal inilah yang menjadikan penulis menjadikan International Design School (IDS) sebagai salah satu tujuan kalian apabila kalian berminat di dunia perfilman.

4.    SAE Institute Jakarta

SAE Institut Jakarta merupakan salah satu kampus yang menjadi rekomendasi penulis jika kalian berminat dan ingin mahir dalam dunia perfilman. SAE Institute Jakarta memberikan pilihan program antara lain Digital Film Making dan Film Production. Pada program Digital Film Making, mahasiswa akan belajar bagaimana cara untuk menggabungkan antara keterampilan pemroduksian film mereka dengan pengetahuan akademis yang dipelajarinya. Adapun keterampilan yang akan dipelajari dalam program ini adalah Camera Techniques, Production Techniques, Cinematography, Visual Effects, Production Design, Screen Design, Storytelling, Post Production, Screen Writing, Project Management, Industry Knowledge. Sedangkan untuk program Film Production, mahasiswa akan belajar berbagai hal terkait produksi film seperti produksi video berbasis komputer dan teknik kamera. Selain hal itu, mahasiswa juga akan belajar berbagai materi terkait produksi film yang selanjutnya diterapkan secara kreatif dalam proses produksi itu sendiri. Adapun keterampilan yang akan pelajari dalam program ini adalah Director, Executive Producer, Production Executive, Editor, Industry Professional Manager, Producer, Line Producer, Film Marketing Executive, Lighting Operator, Cinematographer, Visual FX, dsb. Dari dua program tersebut, jelas banyak keterampilan yang dapat dikuasai dan sangat penting dalam dunia perfilman. Dari hal tersebutlah, penulis sangat merekomendasikan SAE Instituite Jakarta sebagai kampus pilihan bagi yang berminat dalam dunia perfilman.

Dari uraian di atas, maka salah satu kampus yang bisa kita jadikan referensi apabila berminat dalam dunia perfilman adalah SAE Institut Jakarta. Apabila kalian berminat dan tertarik. Segera daftarkan diri kalian dengan mengklik link di bawah ini.


Semoga informasi di atas bermanfaat bagi semua dan sukses selalu dunia perfilman Indonesia!


No comments:

Post a Comment