Monday, May 21, 2018

4 SOFTWARE UNTUK MEMBUAT EFEK VISUAL BAGI PEMULA



4 SOFTWARE UNTUK MEMBUAT
EFEK VISUAL BAGI PEMULA

Sumber Gambar : https://www.awn.com/news/maxon-announces-cineware-adobe-after-effects-cc-update

oleh:
Rezky Bagus Pambudiarso, S.Pd.
Larezza125@gmail.com || SMAN 1 Karangtengah

Pernahkah kalian berpikir bagaimana seorang animator membuat sebuah animasi dengan begitu baiknya? Pernahkah kalian berpikir bagaimana bisa sebuah film animasi seperti Cars 3, Despicable Me 3, The Boss Baby, Smurf: The Lost Village, Fairy Tail: Dragon Cry, Kuroko’s Baskelball The Movie: Last Game, dan Beauty and The Beast tampak begitu nyata?.

Untuk menghasilkan sebuah animasi yang bagus seperti yang disebutkan di atas, tentunya kita membutuhkan orang-orang yang profesional dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah dalam pembuatan efek visual pada tiap-tiap adegan dalam film animasi.

Efek visual adalah suatu proses yang dilakukan untuk memanipulasi model karakter, adegan, dan segala hal yang ada dalam animasi. Pemberian efek visual dilakukan dengan tujuan untuk menciptakan kesan tertentu pada model karakter dalam animasi; untuk menciptakan kesan dramatis terhadap suatu adegan dalam animasi. Dengan demikian, didapati sebuah animasi dengan hasil yang maksimal.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka sangat penting bagi seorang animator untuk bisa membuat efek visual dengan baik dan profesional. Namun, bagaimana jika kita adalah seorang animator pemula? Bisakah kita membuat efek visual dengan baik pada animasi yang kita buat? Tentu saja bisa. Kita dapat memanfaatkan berbagai softwere pembuat animasi untuk mempermudah dalam membuat efek visual. Berikut adalah 4 softwere yang dapat kalian gunakan untuk membuat efek visual pada animasi kalian.

1.    Autodesk Maya
Autodesk Maya atau yang biasa disingkat dengan Maya adalah salah satu software komputer grafis 3D yang berjalan pada sistem operasi Windows, Mac Os, dan Linux. Autodesk Maya awalnya dikembangkan oleh Alias System Corporation. Namun, saat ini Autodesk Maya telah dimiliki dan dikembangkan oleh Autodesk, Inc. Adapun fungsi dari softwere ini adalah untuk membuat aplikasi 3D interaktif, termasuk video, game, film animasi, serial TV ataupun efek visual. Dari fungsi yang dimilikinya tadi, tentunya para animator, khususnya animator pemula dapat memanfaatkan Autodesk Maya untuk membuat efek-efek visual pada sebuah animasi. Untuk itu, sangat penting bagi kalian untuk mengatahui cara-cara pembuatan efek visual pada animasi dengan softwere ini.

2.    Adobe After Effect
Adobe After Effect adalah salah satu produk softwere komputer desain grafis yang dikembangkan oleh Adobe. Softwere ini dibuat dengan memadukan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh softwere-softwere desain grafis lainnya. Terdapat minimal 50 standard effect yang dimiliki oleh Adobe After Effect yang membuatnya menjadi softwere yang sangat handal dan profesional dalam kegiatan Motion Graphic Design. Dengan adanya hal tersebut, maka sudah jelas apabila Adobe After Effect bisa menjadi pilihan utama dalam membuat efek visual dalam sebuah animasi yang akan kalian buat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk mengatahui cara-cara pembuatan efek visual pada suatu animasi dengan softwere menggunakan softwere Adobe After Effect ini.

3.    Blender
Blender adalah softwere komputer grafis 3D selanjutnya yang dapat digunakan untuk membuat efek visual pada animasi. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Dengan demikian, tentunya softwere ini dapat digunakan untuk membuat efek visual pada animasi. Adapun Sistem Operasi yang dapat digunakan untuk menjalankan softwere Blender antara lain Windows, Mac OS, Linux, IRIX, Solaris, NetBSD, FreeBSD, dan Open BSD. Banyaknya sistem operasi yang dapat digunakan untuk menjalankan softwere ini tentunya menjadi nilai tambah bagi softwere Blender. Untuk itu, sangatlah penting bagi seorang animator, khusunya animator pemula untuk tahu dan memahami cara pembuatan efek visual dengan softwere Blender ini.

4.    Autodesk Mudbox
Autodesk Mudbox adalah software komputer grafis 3D yang digunakan untuk melakukan pemodelan 3D, membuat tekstur, dan melakukan pemahatan. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat monster atau karakter-karakter hasil imajinasi kamu. Dengan menggunkan Autodesk Mudbox, kita dapat membuat membuat berbagai efek terkait dengan tekstur yang ada dalam suatu karakter atau objek-objek lainnya. Adapun kualitas yang dihasilkan dari softwere ini pun sangat bagus. Untuk itu, sangat penting bagi seorang animator untuk bisa menggunakan softwere Autodesk Mudbox ini.

Demikian 4 softwere yang dapat digunakan untuk membuat efek visual dalam animasi bagi pemula. Apabila kalian ingin mempelajari lebih dalam tentang bagaimana cara penggunaan softwere-softwere tersebut, kalian dapat mempelajarinya dengan sekolah di kampus-kampus yang membuka jurusan animasi. Salah satu kamupus yang penulis sangat rekomendasikan adalah SAE Institute Jakarta. Di SAE Institute Jakarta, kalian akan diajarkan bagaimana cara membuat animasi dan cara membuat efek visual animasi dengan baik. Untuk mengetahui lebih dalam tentang SAE Institute Jakarta, kalian dapat mengunjungi websitenya dengan mengklik link di bawah ini.


Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua dan sukses selalu dunia animasi Indonesia!



No comments:

Post a Comment