Tuesday, January 30, 2018

PIKIRKU DALAM RELASI DAN FUNGSI

PIKIRKU DALAM RELASI DAN FUNGSI



oleh:
Rezky Bagus Pambudiarso, S. Pd.
Larezza125@gmail.com || SMAN 1 Karangtengah


Hai Maths,
Pernahkah kalian mendengar kata relasi dan fungsi sebelumnya? Ketika ada yang berucap kata “relasi”, tentu orang akan berpikir tentang suatu hubungan, entah itu hubungan pertemanan, permusuhan, ataupun hubungan percintaan. Sedangkan apabila kita mendengar kata “fungsi”, pastilah kita langsung berpikir tentang “manfaat atau kegunaan suatu benda”. Relasi dan fungsi yang dimaksud di situ adalah relasi dan fungsi ditinjau dari segi bahasa. Namun, bukan relasi dan fungsi itu yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Relasi dan fungsi yang dimaksud di sini adalah  relasi dan fungsi matematika.

Pada postingan sebelumnya saya pernah berbagi tentang relasi dan fungsi matematika. Dalam postingan itu disebutkan bahwa relasi memiliki arti yaitu aturan yang memasangkan anggota himpunan A dengan anggota himpunan B. Sedangkan fungsi merupakan bentuk khusus dari sebuah relasi. Jika dalam sebuah relasi, anggota A dapat dipasangkan lebih dari satu dengan anggota B. Pada fungsi, masing-masing anggota wajib dipasangkan dengan tepat satu anggota B. Dalam postingan itu juga disebutkan bahwa relasi dan fungsi merupakan dua konsep penting dalam mata pelajaran matematika. Hal ini karena banyak ilmu, baik itu matematika maupun non matematika, yang memanfaatkan kedua konsep tersebut. Selain hal itu, alasan lain mengapa kedua konsep tersebut dianggap penting karena banyak masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep relasi dan fungsi. Sebagai contohnya yang sudah saya sampaikan pada postingan sebelumnya adalah pada kegiatan donor darah, setiap orang yang ingin menjadi pendonor pastilah diminta untuk menyebutkan golongan darahnya. Sebagai contoh berdasarkan data, diketahui Andi bergolongan darah A, Budi B, Ahmad A, Anton O, dan Abdul bergolongan darah AB. Dari data tersebut, pastilah kita dapat menentukan siapa pendonor yang akan dipilih ketika dibutuhkan darah dengan golongan A karena masing-masing pendonor pasti memiliki tepat satu golongan darah.

Selain hal di atas, sebenarnya ada hal lain yang sangat menarik dari konsep relasi dan fungsi. Jika kalian cermati, terdapat pesan tersirat dalam materi ini. Disebutkan bahwa relasi merupakan aturan yang memasangkan anggota A dengan anggota B. Hal ini apabila dikaitkan dengan hubungan manusia didapati bahwa relasi dapat diibaratkan sebagai suatu hubungan pertemanan. Setiap orang berhak untuk berteman dengan siapapun. Berapapun temannya dan dimanapun temannya tidak akan menjadi masalah jika hal itu sebatas relasi karena kita tahu bahwa aturan dalam relasi memperbolehkan anggota himpunan A dipasangkan lebih dari satu dengan anggota himpunan B.

Dalam melakukan tindak relasi pertemanan, banyak sekali cara yang dapat kita tempuh. Kita dapat berteman dengan setiap orang yang ada di lingkungan sekolah kita, dengan orang yang berada di lingkungan kerja, ataupun dengan orang yang ada di lingkungan masyarakat sekitar. Bahkan dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, kita pun bisa berteman dengan orang di luar daerah dan negara kita. Hal itu bisa terjadi karena adanya media sosial seperti facebook, twitter, whatsapp, dan instagram. Dengan media sosial, setiap orang bisa berinteraksi dan berteman dengan siapapun.

Berlainan dengan relasi, fungsi merupakan bentuk khususnya. Jika relasi diibaratkan hubungan pertemanan maka fungsi adalah hubungan percintaannya. Dari konsep fungsi, kita belajar bahwa ketika mencintai seseorang sangat wajib bagi kita untuk bertindak setia. Kita tahu bahwa fungsi merupakan aturan yang memasangkan setiap anggota A dengan tepat satu anggota B. Apabila ada anggota A yang memiliki pasangan lebih dari satu, maka dikatakan bukan fungsi. Dalam percintaan pun sama, seseorang yang menjalin hubungan dengan lebih dari satu pasangan, maka bisa dikatakan ia tidak cinta. Ketika terjadi hal yang sedemikian rupa, pastilah berakibat pada sakitnya perasaan dari salah satu pihak. Lalu, bagaimana seandainya jika pihak yang tersakiti itu adalah diri kalian, apa yang akan kalian perbuat? Untuk menghindari hal tersebut, maka sangatlah penting bagi kita untuk cukup mencintai satu orang saja; sangatlah penting bagi kita untuk setia terhadap orang tersebut; sehingga kebahagiaan yang akan kita dapatkan sekarang dan esok.

Demikian postingan yang dapat saya bagikan kepada kalian. Semoga kita dapat belajar dari konsep relasi dan fungsi yang seterusnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan. Semoga bermanfaat dan salam Maths.

No comments:

Post a Comment