Monday, January 8, 2018

5 TIPS AGAR BETAH BELAJAR MATEMATIKA

5 TIPS AGAR BETAH BELAJAR MATEMATIKA


oleh:
Rezky Bagus Pambudiarso, S.Pd.
larezza125@gmail.com || SMAN 1 Karangtengah


Tahukah kalian matematika merupakan ilmu yang sangat penting. Akan tetapi, banyak diantara kita yang tidak tertarik dengan ilmu itu. Banyak diantara kita yang enggan untuk mempelajari matematika. Saat guru matematika memberikan tugas, banyak diantara kita yang malas untuk mengerjakan dan lebih memilih untuk menyalin hasil pekerjaan teman kita. Berikut akan disajikan 5 tips agar kalian betah untuk belajar matematika antara lain:

1.        Niatkan diri kita untuk belajar matematika
Niat adalah suatu hal yang utama dalam melaksanakan setiap kegiatan. Tanpa niat, apapun kegiatan yang kita lakukan tidak akan berjalan baik. Ketika kita ingin belajar matematika, hal pertama yang harus kita lakukan adalah meniatkan diri. Dengan niat yang kita miliki, sudah pasti kita akan lebih bersemangat dalam mempelajari materi itu. Selain hal tersebut, niat juga akan membuat kita fokus dalam mempelajari materi. Hal itu juga membuat kita betah dalam mempelajari berbagai materi matematika; membuat kita betah dalam memahami rumus yang ada; membuat kita betah dalam menerapkan rumus-rumus itu. Dengan demikian, diharapkan kita dapat menguasai dan menerapkan materi dalam mapel matematika dengan baik dan bijaksana.

2.        Segera laksanakan apa yang sudah kita niatkan.
Ketika kita sudah berniat untuk melakukan sesuatu, maka segera laksanakan. Jangan sampai kita menundanya karena apabila ditunda pasti rasa malas akan menjangkit kembali. Ketika kita sudah berniat untuk belajar matematika, maka segera siapkan buku matematika kita; segera siapkan berbagai peralatan yang kita butuhkan; segera siapkan bolpoint dan kertas oret-oretan; segera cari tempat untuk belajar; dan segera buka buku materi untuk belajar. Dengan kita menyegerakan belajar, semangat kita untuk belajar masih besar. Sehingga diharapkan kita akan betah untuk belajar matematika. Ketika kita merasa betah, sudah pasti materi yang dipelajari mudah untuk dipahami.

3.        Carilah tempat yang nyaman untuk belajar
Ketika kita telah memiliki niat dan siap untuk belajar matematika. Hal selanjutnya yang wajib kita lakukan adalah mencari tempat yang nyaman. Tempat yang nyaman akan membantu membuat kita betah untuk belajar. Bayangkan saja apabila tempat yang kita gunakan membuat kita merasa suntuk, pastilah kita merasa “ogah” dan jenuh dalam belajar. Apalagi materi yang kita pelajari adalah matematika. Mapel yang membutuhkan konsentrasi dan pemikiran tingkat tinggi. Untuk itu, tempat yang nyaman sangatlah perlu untuk belajar matematika. Tempat yang nyaman bisa berupa tempat belajar, kamar tidur, teras, taman, dll. tergantung dimana kita merasa nyaman untuk belajar.

4.        Belajar sambil melakukan hal-hal yang menyenangkan
Belajar sambil melakukan hal-hal yang menyenangkan merupakan suatu hal yang asik. Apalagi materi yang kita pelajari adalah matematika. Dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, membuat mood kita menjadi baik. Ketika mood kita baik, pastilah kita akan merasa betah untuk belajar matematika. Adapun hal-hal yang bisa kita lakukan antara lain mendengarkan musik, menyanyi, menonton tv, dan makan cemilan.

5.        Hindari kegiatan yang dapat mengganggu aktivitas belajar
Meskipun belajar sambil melakukan hal-hal yang menyenangkan sangat dianjurkan, akan tetapi kegiatan itu jangan sampai mengganggu kegiatan belajar kita. Biasanya kegiatan yang mengganggu belajar adalah kegiatan yang membutuhkan konsentrasi seperti fokus menonton TV ataupun fokus mengobrol. Hal ini bisa mengganggu karena fokus belajar kita terpecah. Ketika fokus belajar sudah pecah, pastilah kita merasa tidak nyaman untuk belajar; merasa tidak betah untuk belajar. Dengan demikian, sangat dianjurkan bagi kita untuk menghindari berbagai aktivitas yang mengganggu kegiatan belajar matematika.




No comments:

Post a Comment