Sunday, January 7, 2018

MARI BERKARYA, MARI BERKERAJINAN!

MARI BERKARYA, MARI BERKERAJINAN!

(Kumpulan Hasil Kerajinan Siswa SMAN 1 Karangtengah Semester Gasal TA 2017/2018)

oleh:
Rezky Bagus Pambudiarso, S.Pd.
larezza125@gmail.com || SMAN 1 Karangtengah

Salam Budaya!! Kali ini kita akan mencoba untuk membahas berbagai kerajinan yang telah tercipta dari tangan-tangan siswa-siswi  SMA N 1 Karangtengah pada semester gasal tahun ajaran 2017/2018.



Kerajinan adalah suatu karya seni yang proses pembuatannya menggunakan keterampilan tangan manusia. Menurut Kadjim (2011:10), kerajinan didefinisikan sebagai suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dengan penuh semangat ketekunan, kecekatan, kegigihan, berdedikasi tinggi dan berdaya maju yang luas dalam melakukan suatu karya. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kerajinan adalah segala sesuatu yang dibuat dengan tangan manusia. Biasanya hasil dari kerajinan ini berupa hiasan, karya seni, ataupun benda siap pakai.

Banyak manfaat yang diperoleh seseorang melalui pembuatan kerajinan diantaranya: 1) mengisi waktu luang, 2) melatih kreativitas, 3) melatih kesabaran, 4) menghemat, dan 5) sebagai ladang bisnis. Dengan banyaknya manfaat tersebut, SMA N 1 Karangtengah menegaskan bahwa mengajarkan kerajinan kepada siswa merupakan suatu hal yang wajib. Adapun wujud keseriusan sekolah tampak pada mata pelajaran (mapel) seni budaya dan PKWU.

Dalam pembelajaran kedua mapel tersebut, siswa diajarkan tentang bagaimana cara pembuatan kerajinan dengan baik. Setiap proses wajib ditunjukkan kepada guru mereka sehingga siswa dapat bekerja secara terarah. Selain hal itu, siswa juga diajarkan tentang bagaimana cara pengemasan barang yang baik. Hal ini bertujuan agar hasil kerajinan yang mereka buat dapat dikemas dengan baik sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Berikut adalah hasil kerajinan yang telah dibuat oleh siswa SMAN 1 Karangtengah pada semester gasal tahun ajaran 2017/2018.

Lukisan pada Gerabah
Kerajinan Topeng
SMAN 1 Karangtengah merupakan salah satu sekolah adiwiyata yang ada di Demak. Untuk mendukung program tersebut, kerajinan yang dibuat oleh siswa juga diarahkan untuk memanfaatkan bahan-bahan yang berasal dari alam. Berikut adalah hasil kerajinan yang telah dibuat oleh siswa dan berasal dari alam.

Kerajinan Kapal dari Bambu
Kerajinan Tempat Lampu dari Bambu
Kerajinan Tempat Lampu dari Batok Kelapa
Kerajinan Hiasan Dinding dari Cangkang Kerang
Selain menampilkan fungsi estetis, kerajinan yang dibuat oleh siswa juga diarahkan untuk memiliki fungsi praktis. Hal ini dilakukan agar kerajinan memiliki nilai lebih dibanding kerajinan lainnya. Beberapa contoh hasil kerajinan antara lain:

Kerajinan Tempat Pensil dan Bolpoint
Kerajinan Tempat Jam Dinding
Kerajinan Lampu Tidur
Kerajinan Figura Foto Mini
Kerajinan Lampu Tidur
Demikian pembahasan kita tentang berbagai hasil kerajinan siswa-siswa SMA N 1 Karangtengah pada semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi kita semua. Akhir kata, Salam Budaya!!






No comments:

Post a Comment